Telkom University Juara di Internet of Things Challenge Competition (ICC) 2018

Telkom University Juara di Internet of Things Challenge Competition (ICC) 2018

IoT Challenge Competition merupakan salah satu cabang perlombaan dalam EE Days 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB. Perlombaan ini menantang peserta untuk memunculkan ide-ide kreatif berbasis teknologi IoT dalam bidang keenergian. Kemudian, peserta juga akan ditantang untuk merealisasikan ide tersebut dengan metode unik yang telah dipersiapkan oleh panitia. Tema lomba kali ini adalah Smart Energy for Smart Future.

Ibrahim Hasan, M. Arif Putra, dan Satrya Budi Pratama adalah  mahasiswa perwakilan dari Telkom University yang menyabet juara 2 di ajang IoT Challenge Competition. Mereka mereka membawa topik Energi Terbarukan Hybrid berbasis IoT dan Sistem Cerdas. Dimana alat mereka mengintegrasikan energi matahari dengan panel surya, energi radio frekuensi dengan antenna, dan energi getaran dengan  piezoelectric untuk dikonversi ke tegangan DC. Alat ini juga bisa memperoleh data berupa temperature, kelembaban, intensitas cahaya, arah angin dan kecepatan angin. Data parameter lingkungan tersebut ditampilkan secara realtime pada website local dengan platform NodeJS dengan protocol data MQTT dan protocol komunikasi WiFi.

Semoga kemenangan yang diraih oleh Ibrahim Hasan, M. Arif Putra, dan Satrya Budi Pratama dapat membuat kita terangsang untuk memunculkan ide-ide yang dapat memudahkan aktivitas kita untuk diikutsertaka dalam kompetisi. Dan semakin berani untuk mengikuti perlombaan atau kompetisi yang ada, serta percaya untuk meraih kemenangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *