IPDN English Debate Competition

IPDN English Debate Competition

IPDN English Debate Competitioon (IEDC) merupakan bagian dari rangkaian acara IPDN Expo 2017 yang diadakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Kampus Jatinangor, Kab. Sumedang. Pertama diumumkan dalam forum debat inggris Indonesia, tim Telkom langsung mendaftarkan diri untuk ikut serta pada lomba yang diadakan tanggal 7-8 Maret itu.

IPDN English Debate Competition (IEDC) diikuti oleh 20 tim dari universitas yang berasal dari provinsi di pulau jawa. Diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Negri Malang, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya dll. Lomba ini dipimpin oleh 3 juri inti, masing-masing dari Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Padjajaran.

Setelah melewati tiga babak penyisihan, tim Telkom yang terdiri dari Ranna Artha Jayanti (MBTI Int 2012), Ryan Aminullah (Telekomunikasi 2013) dan Annisa Humairani (Telekomunikasi 2016) berhasil melaju ke quarterfinal. Perdebatan melawan AMSA UNPAD di quarterfinal berhasil dimenangkan Telkom, dan Telkom melaju ke semifinal melawan UNDIP.  Di babak semifinal Telkom berhasil mengalahkan UNDIP dan melaju ke final melawan Universitas Negri Malang.

Pada babak final, kedua tim memperdebatkan pengaplikasian sistem TKD Jakarta di seluruh pemerintahan daerah di Indonesia. Dimana UMN sebagai tim yang setuju dan Telkom sebagai tim yang menentang kebijakan tersebut. Alhasil Telkom berhasil menang dengan keputusan juri yang terbagi 4-3, dimana 4 juri memenangkan tim Telkom University.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 10 maret bersamaan dengan malam puncak IPDN Expo 2017. Dimana diumumkan Juara 1 dari Telkom University, Juara 2 Universitas Negri Malang, Juara 3 Universitas Diponegoro, dan peserta dengan performa terbaik (Best Speaker) jatuh kepada Ranna Artha Jayanti dari Telkom University. IPDN Expo ditutup dengan penentuan Putri Nusantara 2017 dan penampilan musik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *